Sering Diabaikan, Ini 5 Etika yang Baik dan Benar Saat Berbicara dengan BOS

journal.sociolla.com
Sebagai makluk sosial, kita perlu senantiasa berkomunikasi dengan orang lain. Apalagi jika kamu sedang berada di lingkungan kantor, tentunya kamu akan berhadapan langsung dengan orang beretika.

Saat kita berbicara dengan rekan kerja, tentunya sangat berbeda ketika kita berbicara dengan atasan atau bos kita. Kamu harus mengetahui etika yang baik dan benar saat berbicara dengan bosmu. Pasalnya, setiap ucapan dan gerak gerikmu akan dinilai.

Agar kamu tidak di cap sebagai karyawan yang nyeleneh saat berbicara, Berikut Laptop Si Ipat akan memberikan informasi seputar 5 etika penting saat berbicara dengan bos. Perhatikan baik-baik ya guys!

5 Etika Berbicara yang Baik dan Benar Dengan BOS-mu



1.    Berbicara harus menatap lawan bicara

idntimes.com
Saat kamu dipanggil bosmu untuk berbicara dua mata, Kamu harus bersikap profesional dan bijak. Salah satunya, kamu harus menatap bosmu ketika sedang berbicara. Jangan pernah ketika kamu berbicara tetapi tatapan matamu kemana-mana. Maka hal itu akan membuat bosmu berpikiran bahwa kamu adalah orang yang tidak percaya diri.

BACA JUGA : Tidak Selalu Cerewet, Berikut 4 Keuntungan Memiliki Bos Cewek

 

2.    Gunakanlah tata bahasa yang baik dan benar

entrepreneur.com
Tata bahasa dapat menunjukkan kualitas kepribadian dan latar belakang seseorang. Bahasa pegawai kantor jelas berbeda dengan orang yang berjualan di pasar. Apalagi ketika kamu berhadapan langsung dengan bosmu. Tentunya kamu harus berbicara menggunakan tata bahasa yang baik.

Untuk itu, sebelum berbicara sebaiknya kata-kata diatur terlebih dahulu. Jangan sampai di tengah kalimat tiba-tiba putus karena kamu gak tahu apa yang akan ingin dibicarakan. Dan yang pasti kamu gak boleh menggunakan kata-kata yang dapat menyinggung hati bosmu.

Kamu wajib mengetahui mana subyek, mana predikat, objek dan keterangan dalam sebuah kalimat, Kamu juga harus tahu bagaimana menempatkan kalimat pada tempat yang benar. Jangan sampai kamu binggung dengan kalimat yang kamu ucapan sendiri. Misalnya dengan membolak-balik kedudukan subyek, predikat dan objek sehingga menjadi kalimat yang rancu dan membinggungkan.
 
BACA JUGA : Jangan Sampai 5 Kalimat ini Terucap di Depan Bosmu!

 

3.    Jaga sikap tubuh tetap sopan

Unsplash.com/Johanna Buguet
Ketika kamu berbicara dengan bosmu, sebaiknya kontrol gerikmu dan tetaplah bersikap profesional. Jangan sampai ketika kamu sedang berbicara kamu melakukan hal yang nyeleneh, seperti garuk-garuk kepala, memasukkan tangan ke dalam saku celana, bahkan bertolak pinggang. Melalukan hal itu bisa memberikan kesan bahwa kamu adalah pribadi yang tidak punya etika dan tidak profesional.

Posisi tubuh juga patut kamu perhatikan. Jika bosmu berbicara kepadamu sambil berdiri, kamu juga harus berdiri, kecuali orang tersebut adalah bawahanmu.

BACA JUGA : 5 Bos Teknologi yang Selalu Tampil Berkaos

 

4.    Jangan terlalu mendominasi percakapan

quickanddirtytips
Berkominikasi dengan bosmu atau orang lain mencakup dua hal, yakni berbicara dan mendengarkan. Kamu perlu seimbang dalam kedua hal tersebut. Jika kamu diberikan kesempatan berbicara dengan bosmu, sebaiknya jangan terlalu banyak mendominasi percakapan, apalagi kalau saking bawelnya kamu sampai memotong kata-kata bosmu. Tentunya hal ini sangat tidak sopan dan berpotensi menimbulkan salah paham di pihakmu.BACA JUGA : Yuk, Intip Gaya Berpakaian 6 BOS Teknologi Terkenal Di Dunia

 

5.    Jangan menggunakan nada suara yang tinggi

practicallystrategic.com
Berbeda halnya ketika kamu sedang berdemo atau berdebat. Tentunya kamu harus menggunakan nada suara yang tinggi. Tapi ketika kamu sedang berbicara dengan bosmu, kamu harus mengkontrol nada suaramu. Jangan terlalu pelan dan jangan terlalu keras juga.

BACA JUGA : Pintar Berkomunikasi? 5 Pekerjaan Ini Cocok Banget Buat Kamu!

 

Akhir Kata

Nah itu dia 5 Etika yang Baik dan Benar Saat Berbicara dengan BOS-mu. Yuk mulai dari sekarang tanamkan etika diatas agar kamu bisa mengetahui cara berbicara yang baik dan benar. Sebenarnya poin diatas bukan hanya berlaku untuk bos saja, melainkan untuk orang lain juga.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat khususnya buat pembaca 
setia Laptop Si Ipat.

Apabila kamu suka dengan artikel ini kamu dapat share ke teman-teman kamu ya. Terimakasih:)


Sering Diabaikan, Ini 5 Etika yang Baik dan Benar Saat Berbicara dengan BOS Reviewed by Mohamad Ilfat Bariki on 4/04/2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

CPNS 2018

[cpns]

Breaking News

[Breaking News]

Kisah Sukses

[Inspirasi]

Seputar Coding

[Coding]

Review

[Review]

Blooging

[Blooging]

SEO

[SEO]

Kesehatan

[Health]

Career

[Karir]

Travelling

[Travelling]

Networking

[Materi IT]

Bisnis Online

[Bisnis Online]

Tips dan Trick

[Tips dan trick]

Software

[Software]

Game

[Game]

Kisah Sukses

[inspirasi]
Diberdayakan oleh Blogger.
close